My Widget
My Widget
  • Posted by : Unknown Selasa, 09 Desember 2014

    Nama: Nur Qomariyah Dyah Ratna Sari
    Kelas: X TKJ
    Guru Mapel: P. Sutrisno
    Mapel: Perakitan Komputer

    Soal !

    1.       Gambar dan jelaskan alur kerja dari sistem kerja komputer !
            
    Jawaban :
    a. Input device adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk   memasukkan data kedalam memory komputer, seperti keyboard,mouse,joystik,dll .
    b. Prosesor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri .
     Prosesor terdiri dari 2 bagian yaitu :
    ·         Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device .
    ·         Aritmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengelola aritmetika (menambah,mengurang,dll) serta data logika (perbandingan.)  
           c. Memory adalah media penyimpanan data pada komputer .
    Memory terbagi atas 2 macam yaitu :
    ·         Read only memory (ROM) yaitu memory yang hanya bisa di baca saja , tidak dapat di ubah dan di hapus .isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
    ·         Random access memory (RAM)yang dapat di akses secara random untuk penyimpanan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang . seperti disket, hard disk, flashdisk,PCMCIA card dll.
    d.  output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran ke kertas (hard copy), ke layar monitor (soft copy) atau keluaran berupa suara . contohnya printer, speaker,plotter ,monitor dll.
    1.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan port I/O, sebutkan 5 contoh beserta fungsinya masing-masing !
    Jawaban :
    Port I/O adalah gerbang konektor input,uotput pada komputer seperti pada keyboard ,mouse,paralel ,serial atau USB .contoh floppy disk drive, CD rom drive.
    2.       Jelaskan fungsi dari hardware berikut :
    Jawaban:
    A.      Motherboard
    Adalah komponen utama dari sebuah PC yang menghubungkan perangkat komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar .
    B.      Power supply unit
    komponen komputer untuk menyuplai arus listrik ke komponen-komponen lainya
    C.      Chasing
    Bagian komputer yang berfungsi sebagai pakain atau pelindung cpu dari debu,air,dll .
    3.       Form factor komponen komputer terdiri dari bentuk,desain,ukuran,dan layout. Apa yang dimaksud dengan form factor dan jelaskan masing – masing yang ada di dalamnya tersebut ?
    Jawaban :
    Form factor adalah istilah yang menggambarkan bentuk ukuran desain dan layout perangkat keras komputer .banyak digunakan pada motherboard chasing dan power supplay
    4.       Dalam sebuah motherboard terdapat chipset southbridge dan northbridge , jelaskan masing –masing fungsinya ?
    Jawaban :
    Fungsi northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main memory, prosesor,front side bus , dan AGP bus juga mengatur kerja power management .
    Fungsi sorthbridge adalah mengatur kerja pheriperal-pheriperal semacam IDE controler , PCI bus, ROM BIOS, keyboard ,dan mouse, USB dll.Lan , modem dan fungsi I/O lainya
    5.       Sebutkan nama-nama dari kompoen no 1,2,4 yang terdapat dalam motherboard berikut ini ?



                  

    Jawaban:
    1.       Chipset northbridge
    2.       Socket PGA prosesor
    4.       Slot ekspansi PCI
    1.       Jelaskan fungsi dari komponen 3 dan 5 dalam gambar motherboard di atas ?
    Jawaban:
    3.       Slot IDE : digunakan untuk tempat menancapkan kabel IDE dari Disk Drive atau Optical drive
    5.       Southbridge: mengatur kerja peripheral-peripheral seperti IDE controller, PCI, ROM Bios, keyboard,  mouse, USB, LAN dll.
    2.       Sebutkan bagian – bagian prosesor sesuai dengan urutan nomor pada gambar di bawah ini ?




    Jawaban:

    Keterangan:

    1.       Substrat
    2.       Core(die)
    3.       Capasitore
    4.       TIM(Thermal Interface Material)
    5.       HIS(Integratet Heat Spreader)
    1.       Dalam komputer ada istiklah kompatible . apa yang di maksud dengan istilah tersebut dan apa pengaruhnya terhadap menentukan komponen !
    Jawaban:
    Compatible adalah istilah kesesuaian sebuah komponen computer yang meliputi hardware maupun software dengan komponen komputer lainnya.
    2.       Jelaskan perbedaan antara ROM dan RAM !
    Jawaban:
    ·         Read only memory (ROM) yaitu memory yang hanya bisa di baca saja , tidak dapat di ubah dan di hapus .isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.
    ·         Random access memory (RAM)yang dapat di akses secara random untuk penyimpanan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang . seperti disket, hard disk, flashdisk,PCMCIA card dll.

    3.       Berikan penjelasan tentang mengapa konfigurasi atau settingan jam dan tanggal komputer dapat sesuai dengan jam dan tanggal sebenarnya meskipun komputer tidak dihidupkan !
    Jawaban:
    Konfigurasi BIOS tidak disimpan dalam ROM melainkan sebuah chip terpisah yang disebut sebagai Real Time Clock (RTC), yang berupa sebuah Non-Vonatile Random Access Memory (NVRAM) karena menggunakan metode pembuatan CMOS, NVRAM membutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja.
    4.       Apa yang kalian ketahui tentang card pada komputer !
    Jawaban:
    Card pada computer adalah komponen komputer yang memiliki perluasan fungsi tambahan terhadap motherboard yang tersusun atas fungsinya masing-masing. Contohnya: LAN card, Sound Card, VGA Card.
    5.       Apakah perbedaan dari hard copy device dengan soft copy device , berikan contoh masing – masing !
    Jawaban:
    Hard Copy adalah keluaran yang bersifat fisik contohnya hasil cetak printer, hasil cetak plotter, dll.
    Soft Copy adalah keluaran yang bersifat data digital/signal elektronik contoh: tampilan pada monitor, suara pada speaker dll.
    6.       Pada bagian prosesor terdapat IHS ( intergrated head spreader ), apakah fungsi IHS tersebut !
    Jawaban:
    Fungsi IHS adalah mendinginkan Chip sekaligus menghindarkan chip silicon dari panas yang ditimbulkannya sendiri.
    7.       Apa yang kalian ketahui tentang FSB !
    Jawaban:
    FSB(Front Side Bus) yang sering disebut sebagai sistem bus adalah jalur(Bus)yang secra fisik menghubungkan processor dengan chipset northbridge pada motherboard. Jalur ini sebagai tempat lintasan data/ informasi yang diwujudkan dalam bentuk snyal-sinyal elektronis. Jalur ini merupakan jalur 2 arah artinya aliran data/ informasi bisa berjalan dari processor menuju motherboard atau sebaliknya. FSB juga menghubungkan processor dengan Memory utama. Kesimpulannya adalah FSB merupakan jalur penghubung antara processor dengan memory utama,,juga penghubung antara processor dengan chipset(Northbridge)pada motherboard.

           

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Naruto

    - Copyright © 2013 My Castle 지식의 궁전 (Dyah AK-TKJ6) - To Aru Kagaku no Railgun - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -